RANGKUMAN BAB 2


1. Perangkat lunak dan pengolahan angka

     A. Perangkat aplikasi pengolah angka merupakan program yang berfungsi untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan dari aplikasi ini , antara lain adalah: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, dan database.

     B. Beberapa berangkat lunak pengolah angka yang dikenal di antaranya adalah: Kspread, Star office calc, open office calc, lotus 123, dan microsoft excel.

     C. Microsoft excel memiliki beberapa versi dengan beberapa penyempurnaan untuk setiap versi. Namun demikian, tetap memiliki fungsi-fungsi dasar yang sama. Untuk pertama kali microsoft excel diluncurkan pada tahun 1985 dan microsoft excelversi terakhir adalah excel versi 2019.

      D. Menu bar pada microsoft excel antara lain, file: didalam menu file terdapat beberapa tombol perintah, home: merupakan menu standar yang didalamnya terdapat kelompok submenu yang dipisahkan oleh sebuah garis di bagian tengah nya menu home terletak di deretan menu ,insert: menu insert berfungsi memasukkan atau menambah objek lain pada lembar kerja excel , page layout: berfungsi menata tampilan halaman, formulas: menu yang di dalamnya terdapat beberapa fasilitas yang mendukung penggunaan formula, data: berfungsi menata tampilan pada lembar kerja, review: salah satu menu penyedia informasi, Dan view. 

      E. Rumus yang dimaksud  pada microsoft excel adalah persamaan matematika yang digunakan untuk menghitung nilai tertentu yang bertujuan mendapatkan hasil yang di harapkan, baik perhitungan sederhana, ataupun perhitungan kompleks.

       F. Fungsi adalah formula yang bertujuan menyederhanakan formula hingga membuat proses perhitungan data menjadi lebih mudah. 

       G. Ketika kita menggunakan rumus ataupun fungsi excel, kita harus menggunakan tanda sama dengan (=) di awal rumus atau fungsi tersebut

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog